Fungsi NPWP

  • -
Fungsi NPWP

Fungsi NPWP

Category : Graha Legalitas

Fungsi NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan suatu sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak. Oleh karena itu, kepada setiap Wajib Pajak hanya diberikan satu Nomor Pokok Wajib Pajak. Dalam hal berhubungan dengan dokumen perpajakan, Wajib Pajak diwajibkan mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak yang dimilikinya. Terhadap Wajib Pajak yang tidak mendaftarkan diri untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang perpajakan.

Berdasarkan SE–41/PJ./2003 secara garis besar NPWP mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai sarana dalam administrasi perpajakan
  2. Sebagai identitas wajib pajak
  3. Menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.
  4. Untuk dicantumkan dalam semua dokumen perpajakan

Graha Inspirasi menawarkan jasa pendirian PT dengan sangat aman, terpercaya, dan cepat! Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk mengurus surat-surat ataupun izin untuk mendirikan PT, Graha Inspirasi bisa membantu Anda! Agar bisnis Anda bisa berkembang dan lebih maju lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi di:

Telp. (021) 21381712 WA. 0821 6733 0774

FacebookTwitterGoogle+Share